AGAMA YANG ADA DI INDONESIA

Indonesia adalah negara penuh akan budaya serta adat istiadat. Salah satunya dapat terlihat dari terdapatnya beragam agama yang dianut oleh penduduk Indonesia. Pada saat order baru, ada lima agama yang diakui oleh pemerintah, yaitu Islam, Krister Protestan, Kristen Katolik, Hindu, dan Budha. Namun, pemerintah mengakui ada satu agama lagi yaitu Kong Hu Cu pada era reformasi. Dengan demikian, hingga saat ini agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia ada 6.

agama di Indonesia

Tahukah anda agama apa saja yang ada di Indonesia ? Di bawah ini adalah keenam agama yang ada di Indonesia beserta dengan penjelasannya.

1. Islam
Di Indonesia, agama Islam adalah agama yang paling mendominasi. Bukan hanya itu, Indonesia juga merupakan sebuah negara dengan jumlah penganut agama Islam terbesar di seluruh dunia, yaitu sekitar 207.176.162 jiwa. Jumlah penganut tersebut setara dengan kurang lebih 87,18% dari jumlah penduduk di Indonesia. Tempat ibadah agama Islam adalah Masjid dengan kitab sucinya yaitu Al-Quran. Nama pembawa agama Islam adalah Nabi Muhammad SAW.

2. Kristen Protestan
Kristen Protestan adalah salah satu agama yang ada di Indonesia dengan jumlah penganut terbesar kedua setelah Islam. Tercatat kurang lebih 6,96% penduduk Indonesia yang menganut agama Kristen Protestan, atau dengan kata lain sekitar 16.528.513 jiwa. Tempat ibadah agama Kristen Protestan adalah Gereja dengan kitab sucinya yaitu Alkitab. Nama pembawa Kristen Protestan adalah Yesus Kristus.

3. Kristen Katolik
Kristen Katolik adalah agama di Indonesia dengan jumlah penganutnya mencapai hingga 2,91% dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 6.907.873 jiwa. Tempat ibadah, kitab suci, dan nama pembawa agama Kristen Katolik sama dengan Kristen Protestan. Yaitu gereja (tempat ibadah), Alkitab (kitab suci), dan Yesus Kristus (nama pembawa).

4. Hindu
Setelah Islam dan Kristen, ada agama Hindu dengan jumlah penganut terbesar keempat di Indonesia. Jumlah penganutnya yaitu 1,69% dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 4.012.116 jiwa. Tempat ibadah agama Hindu adalah Pura dengan kitab sucinya yaitu Weda.

5. Buddha
Agama Budha juga merupakan agama yang ada di Indonesia dengan jumlah penganutnya sekitar 0,72% dari jumlah penduduk Indonesia, atau dengan kata lain sekitar 1.703.254 jiwa. Tempat ibadah agama Budha adalah Vihara dengan kita sucinya yaitu Tri Pitaka. Nama pembawa agama ini adalah Siddharta Gautama.

6. Kong Hu Cu
Agama Kong Hu Cu merupakan agama terakhir yang diakui pemerintah Indonesia dengan jumlah penganutnya sekitar 0,05 % dari jumlah penduduk Indonsia, atau sekitar 117.091 jiwa. Tempat ibadah agama Kong Hu Cu adalah Klenteng atau Li Tang dengan kitab sucinya Si Shu Wu Ching. Nama pembawa agama ini adalah Kong Hu Cu.

Meskipun di Indonesia setidaknya terdapat 6 agama yang berbeda, namun perbedaan tersebut menjadi satu kesatuan, yakni bangsa Indonesia. Berlandaskan Pancasila, jadikan Indonesia sebagai negara sejahtera, makmur, sentosa, aman, dan nyaman.

0 Response to "AGAMA YANG ADA DI INDONESIA"

Post a Comment