Cara Jitu Mempercepat Loading Blog

Salah satu penunjang kenyamanan visitor atau pengunjung ketika bertamu ke blog anda adalah kecepatan loading blog. Bagaimana tidak, kebanyakan orang akan cepat merasa jengkel ketika berkunjung ke blog anda jika loadingnya cukup lama. Selain itu, kecepatan loading pada blog juga sangat berpengaruh terhadap Search Engine Optimization (SEO).

Cara Jitu Mempercepat Loading Blog

Pada dasarnya, blog dengan kecepatan loading cukup lama terbilang cukup wajar jika dibandingkan dengan website. Pasalnya, blog selalu berkaitan dengan berbagai macam widget yang dipasang. Selain itu, widget-widget tersebut kebanyakan widget yang menggunakan javascript. Oleh sebab itu, jangan heran jika blog dengan widget berlebihan memakan cukup banyak waktu dalam loadingnya.

Namun jangan cemas jika blog anda memiliki kecepatan loading yang super lemot. Sebuah masalah pasti lahir satu paket dengan solusi. Berikut ini Spotase ulas cara jitu mempercepat loading blog.

  1. Widget
    Tidak dapat dipungkiri bahwa widget memang sangat penting dalam sebuah blog. Baik berupa navigasi, fitur, dan lain sebagainya. Namun, penggunaan widget yang berlebihan (terlalu banyak) dapat berpengaruh terhadap kecepatan loading blog. Semakin banyak widget yang dipasang, maka semakin lama pula waktu loading blog. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan widget yang tidak terlalu penting seperti kalender, jam, photoshow, dan lain sebagainya. Mengapa widget tersebut dibilang tidak terlalu penting ? Widget yang disebutkan tadi merupakan widget hiasan dan tidak dibutuhkan oleh visitor. Widget tersebut tidak memberikan efek apapun, terutama pada performa blog. Yang ada hanya membuat blog menjadi lebih lama dalam loading.
  2. Jumlah post yang ditampilkan
    Pada halama utama (homepage) atau beranda blog, jumlah post yang ditampilkan cukup berpengaruh terhadap kecepatan loading. Semakin banyak jumlah post yang akan ditampilkan, maka semakin lama kecepatan loading blog. Untuk menampilkan jumlah post, sebaiknya tampilkan dengan jumlah yang cukup wajar seperti 5-7 post. Caranya cukup mudah, anda perlu masuk ke dashboard > tata letak > edit (pada posting blog) > ubah jumlah posting di halaman utama.
  3. Cascading Style Sheet
    Cascading Style Sheet atau lebih dikenal dengan sebutan CSS adalah bahasa styling yang biasanya ditambahkan di HTML. Jika ukuran CSS pada HTML cukup besar, sebaiknya kurangi dengan melakukan kompresi CSS. Kompresi tersebut dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan tool atau manual. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi waktu baca pada browser serta mengurangi besar file.
  4. JavaScript
    Kecepatan loading pada blog juga dipengaruhi oleh JavaScript. Jika JavaScript dipasang di bagian atas blog, maka browser akan terlebih dahulu menyelesaikan loading yang memuat JavaScript. Sementara itu, elemen lain yang berada di bawah JavaScript terpaksa harus menunggu terlebih dahulu hingga loading JavaScript selesai. Hal ini membuat elemen yang ingin dilihat oleh visitor, termasuk bagian posting, memuat waktu loading yang kurang maksimal. Oleh sebab itu, JavaScript yang akan anda pasang sebaiknya berada di bagian bawah saja. Selain itu, penggunaan JavaScript keluaran Google atau Blogger (widget) lebih dianjurkan karena lebih cepat dimuat. Namun, jika anda masih ingin menggunakan JavaScript eksternal sebaiknya hosting file js dan uploadnya hanya dipakai untuk penggunaan pribadi.

0 Response to "Cara Jitu Mempercepat Loading Blog"

Post a Comment