Kota Bitung Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Indonesia Berpotensi

Jika membahas tentang tempat wisata Indonesia, maka tidak akan ada habisnya. Salah satu wisata yang cukup menarik adalah Kota Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota pelabuhan di ujung timur laut Sulawesi Utara. Nama Bitung sendiri adalah rangkaian dari nama jenis pohon yang berada di sepanjang pesisir kota. Selain itu, nama Bitung juga diambil dari kata “Balisung” atau dengan kata lain adalah tempat pengobatan yang ampuh. Jika kedua arti tersebut digabungkan, maka dapat menggambarkan bahwa Kota Bitung adalah sebuah kota yang sejahtera dan damai.

Kota Bitung Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Indonesia Berpotensi

Kota yang terletak di kaki Gunung Duasudara ini memiliki titik penyelaman favorit, yaitu di Pulau Lembeh. Pulau ini diklaim sebagai surganya orang-orang yang gemar melakukan diving atau menyelam ke alam bawah laut. Air cukup jernih dan bersih merupakan nilai utama dari perairan yang ada disini. Ditambah lagi beragam biota laut turut menghiasi eksotisme alam bawah lautnya.

Kota Bitung Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Indonesia Berpotensi

Penduduk yang ada di Bitung merupakan heterogenitas yang mana sebagian penduduk didominasi oleh etnis yang berasal dari Suku Sanghihe dan Minahasa. Selain itu, ada juga etnis lain yang menghuni daratan Bitung seperti Jawa, Gorontalo, dan Tionghoa. Uniknya, keberagaman ini bukan menjadi pemecah antara etnis yang satu dengan yang lainnya. Semua etnis menjadi satu kesatuan, yaitu bangsa Indonesia, sesuai dengan yang Pancasila.

Heterogenitas yang ada di Bitung juga menjadi latar belakang budaya serta menjadikan Bitung kota yang kaya budaya. Keberagaman ini bahkan mengarahkan Bitung sebagai kota pariwisata, industri, unggul di era globalisasi, wawasan lingkungan, perdagangan, dan kota pelabuhan Internasional.
Bitung juga dikenal sebagai Kota Cakalang. Hal ini tidak terlepas dari Bitung yang merupakan kota penghasil ikan cakalang terbesar yang ada di Indonesia. Julukan ini juga dapat dilihat dari patung berbentuk ikan cakalang yang berada di pusat Kota Bitung. Patung ikan cakalang tersebut kian menambah keindahan kota.

Kota Bitung Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Indonesia Berpotensi

Tempat wisata Inonesia, khususnya Kota Bitung, semakin berpotensi dengan adanya Cagar alam dan pantai. Ekowista khas yang dimiliki Kota Bitung tentunya memiliki daya tarik cukup tinggi bagi wisatawan setempat, luar kota, hingga wisatawan mancanegara. Salah satu harta ekowisata Kota Bitung yang patut dibanggakan adalah primata terkecil di dunia, yaitu Tarsius.

0 Response to "Kota Bitung Sebagai Salah Satu Tempat Wisata Indonesia Berpotensi"

Post a Comment